Tak Lagi Independen, KPK Layak Dibubarkan


Tak Lagi Independen, KPK Layak Dibubarkan

Opini Bangsa - Wacana pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi dinilai sebagai hal yang wajar. Pengamat Politik Muchtar Effendi menyebut salah satu alasan KPK layak dibubarkan adalah lantaran penegak hukum pimpinan Agus Rahardjo itu kini tengah berpolitik.

“Saya percaya, terutama di bawah era Jokowi, KPK berpolitik membantu kelompok rezim Kekuasaan,” katanya saat dihubungi kriminalitas.com, di Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Muchtar mencontohkan salah satu buktinya yakni ketika KPK tidak mau melanjutkan kasus dugaan korupsi Rumah Sakit Sumber Waras yang diduga melibatkan Basuki T. Purnama.

Di lain pihak, KPK malah menuduh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menerima dana korupsi pengadaan alat kesehatan yang kasusnya terjadi beberapa tahun silam.

“Padahal hanya fiksi dan itu sudah dibantah oleh hakim,” tegas peneliti senior Network for South East Asian Studies (NSEAS) tersebut.

penilaian kinerja KPK dilihar dari segi manfaat bagi negara juga gagal total. “Indikatornya yakni dana anggaran APBN yang digunakan KPK jauh lebih banyak ketimbang dana yang diterima negara dari pelaku koruptor yang ditangani KPK,” papar Muchtar.

Indikator lain, kata dia, tidak ada manfaat berarti keberadaan KPK bagi negara dan rakyat. Pasalnya, angka korupsi di Indonesia tak kunjung turun.

“KPK gagal mencapai outcome. Hanya pencitraan di publik. Itupun kasus-kasus ikan teri bukan kasus kakap,” pungkasnya.

Sebelumnya, desakan pembubaran KPK disuarakan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Menurutnya, KPK dan Komnas HAM sebagai lembaga nonstruktural memiliki tupoksi yang sudah diemban lembaga negara lainnya.

Selain itu, menurut Fahri, dua lembaga itu hanya menghamburkan uang negara sehingga layak untuk dibubarkan. [opinibangsa.id / kml]


[beritaislamterbaru.org]

“Jika engkau punya teman – yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia, jangan pernah kau lepaskannya. Karena mencari teman -‘baik’ itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali” [Imam Syafi'i]
Banner iklan disini