Waduh, Rizal Ramli Perkirakan Sisa Kepemimpinan Jokowi Bikin Perekonomian Makin Buruk


Waduh, Rizal Ramli Perkirakan Sisa Kepemimpinan Jokowi Bikin Perekonomian Makin Buruk

Opini Bangsa - Mantan Menteri Kordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memperkirakan, dua tahun sisa kepimpinan Presiden Joko Widodo akan membuat perekonomian Indonesia semakin buruk.

"Karena kebijakan (tim ekonomi) hanya bisa memotong anggaran saja mengikuti arahan dari Bank Dunia. Bank Dunia senang dan memuji hal itu," ungkap Rizal saat menggelar halal bihalal di kediamanya, Rabu (05/07/2017).

Dijelaskannya, yang membuat Bank Dunia senang dengan kebijakan tersebut lantaran Indonesia mempunyai duit sisa dari pemotongan anggaran untuk membayar utang kepada mereka.

"Karena pengetatan yang dilakukan untuk memperbanyak tabungan yang bisa digunakan untuk membayar pokok dan bunga utang. Kebijakan ini sangat disambut gembira lembaga kreditor. Tapi di sisi lain membuat daya beli rakyat turun," tandas dia.

Padahal menurut Rizal, ada cara lain yang bisa dilakukan tim ekonomi Jokowi tanpa harus melakukan pemotongan anggaran. Di antaranya mengimplementasikan gagasan nawacita Presiden Jokowi yang sesungguhnya.

"Strategi lain adalah dengan growth story. Pemerintah harus punya kisah-kisah sukses pembangunan. Ini yang paling efektif untuk menambah pendapatan negara," kata dia.

"Dan kalau daerah-daerah dibangun dan dijadikan pusat pertumbuhan ekonomi baru seperti yang pernah dikerjakan. Maka ekonomi akan tumbuh merata, berbagai proyek pembangunan infrastuktur juga bisa dibiayai," tandas dia. [opinibangsa.id / tsc]


[beritaislamterbaru.org]

“Jika engkau punya teman – yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia, jangan pernah kau lepaskannya. Karena mencari teman -‘baik’ itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali” [Imam Syafi'i]
Banner iklan disini

Resep