Yusril: Profesor Keluarkan Pendapat yang Bukan Pada Bidangnya Tidak Perlu Dihiraukan


Yusril: Profesor Keluarkan Pendapat yang Bukan Pada Bidangnya Tidak Perlu Dihiraukan

Opini Bangsa - Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra menegaskan bahwa DPR RI dapat menggunakan hak angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Untuk itu, dia meminta DPR untuk tidak terlalu menghiraukan pendapat beberapa guru besar yang meragukan legitimasi Pansus KPK. Apalagi para profesor itu dinilainya tak berkompetensi mengeluarkan pendapat soal itu.

"Kalau profesor bukan bidangnya tidak perlu kita hiraukan. Karena diluar kompetensinya‎," tegasnya dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Pansus KPK di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/7).

Ditegaskannya bahwa seorang profesor hanya boleh mengeluarkan pendapat sesuai dengan kompetensinya, jika ada yang meminta mengeluarkan pendapat sesuai dengan kompetensi, maka seharusnya itu ditolak.

"Misalkan saya ditanya soal hukum pertanahan, saya tidak akan menjelaskan karena itu bukan bidang saya," jelas mantan Menteri Hukum dan HAM ini. [opinibangsa.id / rmol]


[beritaislamterbaru.org]

“Jika engkau punya teman – yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia, jangan pernah kau lepaskannya. Karena mencari teman -‘baik’ itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali” [Imam Syafi'i]
Banner iklan disini