Kisah Setya Novanto Muda: dari Penjual Beras, Sales Mobil hingga Model

Kisah Setya Novanto Muda

Beritaislamterbaru.org - Nama Setya Novanto masih menjadi perbincangan publik. Kemenangan di praperadilan melawan KPK hingga kondisinya yang membaik menjadi bahan obrolan publik Indonesia.

Melihat perjalanan karier Novanto pun terbilang menarik. Ia memulai kariernya benar-benar dari bawah hingga akhirnya menjadi kaya raya.

Novanto lahir pada 12 November 1955 di Bandung, Jawa Barat dari pasangan Sewondo Mangunratsongko dan Julia Maria Sulastri.

Saat kuliah di Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya, Novanto memiliki banyak pekerjaan selama bermukim di kota tersebut. Sebab, Novanto tidak terlahir di tengah keluarga yang kaya.

Awalnya ia sempat berjualan beras dan madu. Saat itu ia hanya memiliki modal Rp 82.500. Novanto memulai usahanya dengan mengambil tiga kuintal beras yang langsung diambil dari pusatnya di Lamongan.

Namun usaha tersebut tak bertahan. Ia meninggalkan bisnis beras karena berbagai alasan.

Tak berapa lama kemudian, ia ditawari bekerja menjual mobil salesman Suzuki untuk Indonesia Bagian Timur.

Ternyata Novanto memiliki bakat marketing yang mumpuni. Sehingga pada usia 22 tahun, Novanto sudah menjadi Kepala Penjualan Mobil untuk wilayah Indonesia Bagian Timur.

Tak hanya berbisnis, Novanto juga ternyata pernah menjajal dunia model. Novanto terpilih jadi pria tampan Surabaya pada tahun 1975. Salah satu foto saat Novanto muda baru-baru ini tersebar menjadi perbincangan publik.

Novanto juga pernah menjadi sopir. Ia menyopiri keluarga Mas Isman yang hendak bepergian.

Setelah lulus kuliah di Widya Mandala, Setya bekerja untuk PT Aninda Cipta Perdana yang bergerak sebagai perusahaan penyalur pupuk PT Petrokimia Gresik untuk wilayah Surabaya dan Nusa

Tenggara Timur. PT Aninda dimiliki oleh Hayono Isman, teman sekelas Setya di SMA Negeri 9 Jakarta.

Read more at https://kumparan.com/wisnu-prasetyo/kisah-novanto-muda-dari-penjual-beras-hingga-model#1XSIBLSyiwPjgMML.99

[www.beritaislamterbaru.org]
Banner iklan disini

Resep